Pelatihan e-business untuk UKM Batik Tegalan di Kabupaten Tegal

Salah satu jenis Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Tegal yang relative menonjol adalah batik tegalan. Namun perkembangan batik tegalan sendiri tidak seperti yang diharapkan, perkembangannya jauh berbeda dibandingkan dengan batik di Kabuputan/Kota tetangganya, yaitu Pekalongan. Untuk memperkecil ketertinggalan usaha batik tegalan, dibutuhkan upaya strategis untuk mempercepat peningkatan aktifitas bisnis usaha kecil menengah batik tegalan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan e-business di lingkungan usaha batik tegalan. Untuk menerapkan e-business dibutuhkan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kebutuhan pengelolaan bisnis. Metode pendekatan yang digunakan dalam program kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dari Universitas YARSI adalah agar peningkatan pengelolaan bisnis masyarakat pelaku UKM batik tegalan dengan memanfaatkan TIK berbasis e-business tercapai adalah dengan cara memberikan workshop / pelatihan / skill lab dengan topik spesifik yaitu pengenalan e-business, pelatihan penggunaan Google Docs untuk berbagi data dan pelatihan menggunakan toko online dan situs jual beli online selama satu hari.

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, dilakukan pelatihan / workshop kepada para peserta para pelaku usaha batik tegalan pada hari kamis, tanggal 2 April 2015 di Kabupten Tegal. Pelatihan ini dilaksanakan dengan dua orang fasilitator utama dan empat orang fasilitator pendamping. Pada hari rabu, 1 April 2015 dilakukan persiapan tempat dan perlengkapan (laboratorium komputer) yang berlokasi di laboratorium komputer Politeknik Purbaya Kabupaten Tegal. Selain itu dilakukan juga koordinasi dengan koordinator peserta (Ketua KUB UKM Batik Tegalan) serta pengecekan perlengkapan softare yang akan digunakan untuk pelatihan. Pada hari Kamis, 2 April 2015 dilakukan acara pelatihan e-business untuk UKM Batik Tegalan dengan peserta dari para pelaku usaha batik tegalan yang berjumlah 18 orang, target peserta yang diharapkan adalah 20 orang. Pelatihan dilaksanakan di laboratorium komputasi Politeknik Purbaya Kabupaten Tegal yang berlokasi di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Salah satu target luaran program ini adalah adanya peningkatan  pengetahuan dan kemampuan pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan TIK berbasis e-business para peserta pelatihan. Untuk mengukur peningkatan tersebut, digunakan kuesioner dengan skala 1 (belum/tidak menguasai), 2 (kurang menguasai), 3 (cukup menguasai), dan 4 (sangat menguasai). Pelatihan diawali dan diakhiri dengan membagikan kuesioner tersebut untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kompetensi peserta. Berdasarkan hasil kuesioner, didapatkan adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan para peserta tentang pemanfaatan TIK untuk mengelola bisnis batik tegalan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.