Profil Web dan Pelatihan admin web di RW.13 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat

Pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017 dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat di RW013 kelurahan kebon kosong, kecamatan kemayoran jakarta pusat, yang didukung oleh pendanaan dari Yayasan YARSI.

RW 013 kelurahan Kebon Kosong adalah salah satu RW di rumah susun Boing kelurahan Kebon Kosong kecamatan Kemayoran, kota Jakarta Pusat. Terletak di daerah perbatasan antara Sunter dengan PRJ Pademangan dan Kemayoran. RW 013 terdiri dari 9 RT dan masing-masing RT rata-rata memiliki 35 KK (Kepala Keluarga). Masyarakat di RW 013 sangat heterogen baik tingkat sosial ekonominya maupun pendidikan dan suku bangsanya.

Tingkat sosial ekonomi masyarakat RW 013 kelurahan Kebon Kosong sangat heterogen dari kalangan paling bawah (sangat miskin) hingga kalangan paling atas (sangat kaya). Hal ini jika ada suatu wadah untuk memberdayakan masyarakat RW 013 secara kebersamaan sehingga terjadi subsidi silang dari kalangan atas membuat kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat kalangan bawah, maka akan terjadi peningkatan taraf kehidupan dari masyarakat bawah menjadi lebih baik.

RW 013 kelurahan Kebon Kosong berkeinginan untuk memberikan informasi tentang kondisi masyarakatnya secara online yang dapat menyebarluaskan informasi yang dibutuhkan masyarakat luas terutama oleh stackholder yang memberikan bantuan dana maupun dalam bentuk kegiatan serta dapat diakses secara cepat dan up to date.

Berdasarkan uraian yang telah disampaikan pada bagian 1, maka solusi yang ditawarkan   adalah  pembentukan web rw 03 Kebon Kosong yang didalamnya ada organisasi-organisasi di bawah kendali RW 013 Kebon Kosong dan  pelatihan   admin   web rw 03 Kebon Kosong.

Metode penggalian kebutuhan user dilakukan dengan menggunakan metode wawancara.  Tim P2M telah mewawancarai mitra terkait dengan menu-menu yang harus dibuat dalam web rw03la. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Kuesionar dan wawancara. Evaluasi pengguna web/E-Commerce dilakukan dengan metode observasi yaitu peserta diuji langsung didepan kumputer satu per satu. Sebelum pelatihan dilakukan observasi  (pre test) sebanyak 15 orang yang mengikuti pelatihan hanya 2 orang yang sudah terbiasa menggunanakan E-Commerce dan setelah pelatihan (post test) semua peserta dapat menggunakan web/E-Commrce rata-rata kemampuannya untuk menggunakan web/E-Commerce memiliki score 80%.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.