Berkenalan dengan Slackware

Slacware merupakan salah satu distro GNU/Linux tertua yang ada saat ini, distro ini dikelola dan dikembangkan oleh Patrick Volkerding dari tahun 1993. Berbeda dengan kebanyakan distribusi GNU/Linux lainnya, Slackware Linux mengacu pada prinsip KISS (Keep It Simple Stupid). Hal ini berarti Slackware Linux tidak memiliki perangkat grafis yang kompleks untuk mengkonfigurasi sistem. Sebagai hasilnya, kurva pembelajaran dari Slackware Linux bisa jadi cukup tinggi untuk pengguna GNU/Linux yang belum berpengalaman, tetapi mampu menyediakan transparansi dan fleksibilitas yang lebih.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang GNU/Linux dengan distribusi seperti Slackware Linux. Aspek lain yang membedakan pada Slackware Linux, yang juga sesuai dengan prinsip KISS, adalah pengelola paket Slackware Linux. Slackware Linux tidak memiliki manajamen paket yang kompleks seperti RPM atau dpkg. Paket adalah berkas tgz (tar/gzip) normal, seringkali dengan tambahan script installasi dan juga berkas deskripsi.

Pada tahun 2005, lingkungan desktop GNOME telah dihapus dari rilis yang akan diluncurkan, dan diserahkan kepada dukungan komunitasnya. Penyingkiran GNOME dianggap oleh sebagian komunitas Linux sebagai tindakan yang menggemparkan karena lingkungan desktop tersebut banyak digunakan di distro-distro Linux. Sebagai balasan, beberapa proyek berbasis komunitas mulai menawarkan distribusi GNOME lengkap untuk Slackware.

Pada buku (e-book) ini, diperkenalkan distro GNU/Linux Slackware  dan panduan untuk melakukan instalasi dari awal beserta penggunaan desktopnya. Buku ini merupakan buku yang dikembangkan dari salah satu tugas yang diberikan pada mata kuliah Sistem Operasi di Program Studi Teknik Informatika Universitas YARSI. Tujuan dari dibuatnya buku panduan Linux ini adalah agar para mahasiswa tidak asing dan menjadi terbiasa dengan sistem operasi berbasis open source serta untuk menambah perbendaharaan ebook panduan penggunaan desktop Linux yang Berbahasa Indonesia, sehingga dapat mempermudah masyarakat yang akan memulai menggunakan Sistem Operasi Linux. Buku ini juga dapat diperbanyak, diedarkan, dan/atau dimodifikasi baik seluruh atau sebagian dari dokumen sesuai dengan ketentuan “GNU Free Documentation License”.

Download e-book Berkenalan dengan GNU/Linux Slackware

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.